One Piece - Tony Tony Chopper freedom inspiration: Tips Sehat Berpuasa
RSS

Tips Sehat Berpuasa

Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi, selamat siang, selamat sore niblog readers

created by: @triyuninuy

MARHABAN YA RAMADHAN
       Bulan Ramadhan sudah hampir tiba, ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Puasa berarti nahan laper, nahan haus. Tapi puasa tidak semata-mata untuk menahan lapar dan haus saja guys :D , dengan puasa diharapkan kita bisa menahan diri dari segala hawa nafsu yang bisa menjerumuskan ke jalan yang gak beres. Tenang guys, puasa sebenernya dapat menyehatkan diri kita kalo dilakukan dengan benar. 

Berikut beberapa tipsnya:

1. ini paling penting,
hapuskan dendam, saling memaafkan, bersih-bersih hati dahulu :) daaan Niat yang baik, perlu ditekankan bahwa kita niat puasa karena Allah SWT agar pahala berjalan lancar menuju kita. . .

2. makan yang sehat
    Lebih baik sahur mendekati imsak, awas jgn kebablasan kelewat imsak hehehe. Cukupi karbohidrat seperti nasi atau ubi-ubian agar perut tidak kosong sampai waktunya berbuka, Tapi gak berarti harus makan yang banyak, yang penting sehat dan berkualitas gizinya.Makan buah-buahan sebagai asupan vitamin, sebaiknya makan 2 buah kurma guys, buat menambah energi karena di dalam kurma mengandung kadar gula tinggi.
    Saat berbuka puasa dengan porsi makanan yang kecil, seperti sup, kolak, dan lain sebagainya, dahulukan berbuka dengan yang manis. Makan kurma kembali dapat membantu mengisi kembali energi dengan cepat. Jangan makan berlebihan guys, nanti tidak nyaman solatnya, dan bikin ngantuk saat shalat tarawih. dalam 1 hari kita dianjurkan makan 3 kali, untuk itu kita bisa makan agak besar di 2-3jam sesudah berbuka puasa.

3. minum yang cukup
    Hidrasi tubuh kita memerlukan kurang lebih 1,5liter air per hari, Perbanyak minum saat berbuka, tentunya juga saat sahur, untuk mencegah dehidrasi.

4. Tidurlah di saat awal siang dan hindarkan sinar matahari siang dan panas untuk mencegah dehidrasi. Tetapi jangan tidur secara berlebihan juga guys, karena nantinya badan terasa lemas dan bibir kering maka dari itu isilah waktu puasa anda dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak memerlukan banyak energi.

5. Bagi ibu hamil, orang yang lemah fisik, mempunyai penyakit tertentu bila ingin tetap berpuasa ada baiknya berkonsultasi ke dokter, segera konsul apabila dalam waktu berpuasa ada gejala-gejala tidak enak yang dirasakan. Setelah habis bulan ramadhan ada baiknta konsultasi kembali ke dokter mengenai kondisi fisiknya saat ini.

Itu lah beberapa tips dari dapat diberikan, semoga dapat bermanfaat untuk semua. . .
Thanks for read my post

(^_^) HAPPY FASTING

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar