One Piece - Tony Tony Chopper freedom inspiration: Google Inc Siap Merilis layanan Streaming Musik
RSS

Google Inc Siap Merilis layanan Streaming Musik

oleh Amir Efrati dan Hannah Karp

Google Inc. siap merilis layanan streaming musik berbayar seperti Spotify, paling cepat dalam minggu ini, demikian menurut sumber.

Agence France-Presse/Gett Images
Google Inc. siap merilis layanan streaming musik berbayar, seperti Spotify
      Rabu ini Google akan menggelar konferensi tahunan bagi pengembang software yang dinamakan Google I/O. Di beberapa konferensi sebelumnya, Google telah menunjukkan layanan terkait musik. Menurut sumber, perusahaan itu mungkin akan mengumumkan layanan baru ini saat Google I/O nanti. Dua narasumber mengatakan, Google telah menjalin kerja sama dengan Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group. Di bawah kesepakatan ini, pengguna bisa membayar jumlah tertentu untuk mendapat akses tak terbatas ke sejumlah koleksi musik milik ketiga perusahaan rekaman itu.

     Google sendiri sejak 2011 telah memiliki layanan musik yang tersedia di Google Play, toko media digital bagi semua perangkat dengan sistem operasi Android. Melalui Google Play, pengguna hanya dapat membeli lagu atau album secara satuan. Sedangkan layanan baru buatan unit Android di Google ini menawarkan model langganan berbayar, sehingga pengguna dapat mengakses keseluruhan koleksi lagu.

     Berdasarkan dokumen legal Google yang terkuak ke publik tahun lalu, proyeksi internal pada 2011 memprediksi bahwa pendapatan dari layanan penjualan musik digital akan mencapai lebih dari $2 miliar tahun ini. Meski demikian, sejumlah analis mengatakan pendapatan bersih dari layanan ini lebih kecil dari proyeksi itu.
      Pasar streaming musik kini mulai sesak. Apple Inc. telah berunding untuk mendapatkan lisensi musik bagi layanan radio yang serupa dengan layanan populer, Pandora. Menurut sumber lain, Amazon juga tengah mengerjakan sebuah perangkat untuk streaming audio melalui speaker atau televisi. Perusahaan itu pun sedang mengembangkan layanan berlangganan musik untuk bersaing dengan Pandora atau Spotify. Sama seperti Apple dan Google, Amazon telah menjual musik digital per lagu atau album.
    Spotify mengenakan tarif $9,99 per bulan dan pengguna dapat mendengarkan sebanyak mungkin musik di beragam peranti. Spotify pun memiliki versi gratis dengan iklan. Pandora mengenakan tarif $3,99 per bulan untuk layanan ala radio miliknya. Pandora juga menawarkan versi gratis dengan iklan. Secara terpisah, situs video YouTube milik Google tengah berupaya mendapatkan izin dari label musik untuk memulai layanan berlangganan video musik dan lagu berbayar, demkian menurut sumber. Masih belum diketahui perkembangan upaya ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar