One Piece - Tony Tony Chopper freedom inspiration: Pengertian Manajemen
RSS

Pengertian Manajemen


Berdasarkan wikipedia kata manajemen berasal dari bahasa Perancis Kuno ménagement yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Hani, T.Handoko. 2011:2. Dalam buku berjudul Manajemen edisi 2 mengatakan bahwa stoner mendefinisikan manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Menurut saya, manajemen adalah merencanakan, mengatur dan mengawasi suatu proses kegiatan yang menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan.

Fungsi-fungsi manajemen
            Biasa digunakan oleh organisasi adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George Tery,  fungsi manajemen terdiri atas (Ibid, 20):
1. Perencanaan (Planning)
2. Pengorganisasian (Organization)
3. Penggerakan pelaksanaan (Actuating)
4. Pengawasan (Controlling)
Dari pendapat mengenai fungsi manajemen di atas, secara keseluruhan menempatkan perencanaan (Planning) pada urutan paling atas, dengan demikian para ahli menempatkan perencanaan hal paling penting dalam fungsi manajemen.     
Fungsi manajemen yang paling penting menurut Hani Handoko ialah:
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Staffing
4.      Leading
5.      Dan Controlling dari kegiatan-kegiatan organisasi

1.      Planning (perencanaan)
Rencana-rencana dibutuhkan untuk memberikan kepada organisasi tujuan-tujuannya dan menetapkan prosedur tebaik untuk pencapaian tujuan-tujuan itu. Di samping itu, rencana memungkinkan :
1.      Organisasi bisa memperoleh dan mengikat sumberdaya-sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan.
2.      Para anggota organisasi utuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang konsisten dengan berbagai tujuan dan prosedur terpilih, dan
3.      Kemajuan dapat terus dimonitor dan diukur, sehingga tindakan korektif dapat diambil bila tingkat kemajuan tidak memuaskan.
Perencanaan (planning), adalah 1) pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi 2) penentuan strategi, kebijakan, proyek, program, prosedur, metoda, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Pembuatan keputusan banyak terlibat dalam fungsi ini.
2.      Organizing (pengorganisasian)
1.      Penentuan sumberdaya-sumberdaya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi
2.      Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan dapat “membawa” hal-hal tersebut ke arah tujuan.
3.      Penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian,
4.      Pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.
Fungsi ini menciptakan struktur formal dimana pekerjaan ditetapkan, dibagi, dan dikoordinasikan.
3.      Staffing (penyusunan personalia)
      Staffing adalah penarikan (recruitment), latihan dan pengembangan, serta penempatan dan pemberian orientasi karyawan dalam luingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif. Fungsi ini mencangkup kegiatan-kegiatan seperti pembuatan sistem penggajian untuk pelaksanaan kerja yang efektif; penilaian karyawan untuk promosi, transfer, atau bahkan demosi dan pemecatan; serta latiha dan pengembangan karyawan.
4.      Leading (pengarahan)
      Fungsi pengarahan atau leading, secara sederhana adalah untuk membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan. Seperti motivasi, komunikasi kepemimpinan untuk mengarahkan karyawan mengerjakan suatu yang ditugaskan kepadanya. Fungsi leading ini sering disebut dengan berbagai macam istilah, antara lain leading, directing, motivating, actuating, atau lainnya.
5.      Controlling (pengawasan)
      Controlling atau pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Fungsi pengawasan pada dasarnya mencangkup empat unsur, yaitu:
1.      Penetapan standar pelaksanaan
2.      Penentuan ukuran-ukuran pelaksanaan
3.      Pengukuran pelaksanaan nyata dan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan, dan
4.      Pengambilan tindakan koreksi yang diperlukan bila pelaksanaan menyimpang dari standar

 Daftar Pustaka
ØWikipedia. Diunduh pada tanggal 28 Februari 2013 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
Ø   Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
ØKajian Pustaka. Diunduh pada tanggal 28 Februari 2013 dari http://www.kajianpustaka.com/2012/11/pengertian-fungsi-tingkatan-manajemen.html#ixzz2MCNQplNg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar